Mengenal Burung Serindit Sulawesi

Tuesday, August 20, 20130 comments

Foto Burung Serindit Sulawesi
Burung Serindit Sulawesi memiliki nama latin Loriculus stigmatus. Dalam bahasa Inggris dikenal juga dengan nama Celebes Hanging Parrot, Sulawesi Hanging Parrot atau Maroon-rumped Hanging Parrot.

Burung yang masih termasuk kedalam keluarga burung beo dari keluarga Psittaculidae ini merupakan burung endemik Pulau Sulawesi dan sekitarnya. Habitat burung Serindit Sulawesi adalah di daerah hutan, hutan sekunder, dan hutan mangrove..

Burung Serindit Sulawesi termasuk jenis beo berukuran kecil dengan panjang tubuhnya yang hanya sekitar 15 cm. Meskipun demikian, burung ini adalah jenis yang terbesar dari semua jenis hanging parrot.

Burung Serindit Sulawesi memiliki bulu dominan berwarna hijau dengan sedikit kekuningan yang tidak merata. Bagian dagu, mahkota, dan 'pantat' berwarna merah. Namun untuk yang betina, bagian mahkotanya tidak ada warna merah.

Burung beo kecil ini membangun sarangnya di rongga-rongga pohon. Biasanya mereka hanya akan bertelur 3 butir sebelum dierami. Telur-telur tersebut akan dierami selama kurang lebih 20 hari. Anak-anak merekabaru akan keluar dari sarang setelah berumur 33 hari.

Menurut data Red List IUCN, populasi Burung Serindit Sulawesi berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger