Burung Gereja, Indikator Alami Tingkat Kebersihan Udara

Monday, September 9, 20130 comments

Foto burung gereja
Dulu di tempat saya tinggal banyak sekali burung gereja berkeliaran di pinggiran pasar dan jalan raya. Namun saat ini tidak sebanyak itu lagi. Sebenarnya apa yang terjadi??? Apakah mereka punah??? ternyata tidak demikian.

Menurut banyak sumber, burung gereja merupakan indikator alami tingkat kebersihan udara di suatu wilayah. Artinya, jika masih banyak burung gereja berkeliaran di daerah anda, beruntunglah anda, berarti udara di sekitar tempat anda tinggal masih bersih. 

Burung Gereja merupakan anggota dari genus Passeridae. Konon, di dunia ini ada sekitar 45 spesies dan subspesies dari burung gereja ini. Mereka tersebar hampir di seluruh wilayah di dunia, bahkan ada juga yang bisa hidup di wilayah Himalaya. Spesies burung gereja yang banyak ditemui di indonesia adalah Passer montanus-malaccensis.

Burung Gereja sudah lama tinggal berdekatan dengan manusia. Sehingga tak jarang mereka secara santai mencari makan di dekat manusia yang sedang makan siang. Burung jenis ini biasanya bersarang di bawah atap bangunan dan perumahan penduduk. Makanan utama burung gereja adalah biji-bijian, tetapi terkadang mereka juga memakan serangga kecil. 

Memang belum ada penelitian secara ilmiah yang membenarkan teori ini. Namun kebanyakan orang di berbagai belahan dunia ini percaya bahwa burung gereja adalah indikator alami kebersihan udara. Meskipun pada kenyataannya semua binatang memang begitu sensitif dengan perubahan lingkungan. Mau percaya atau tidak, itu terserah anda... ^_^

Referensi : satuharapan.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger