Burung hantu Blakiston, Burung Hantu Terbesar di Dunia yang Terancam Punah

Wednesday, September 11, 20130 comments

Burung hantu terbesar di dunia terancam punah
Burung hantu terbesar di dunia yaitu jenis Blakiston yang banyak ditemukan di wilayah Rusia, saat ini populasinya semakin mengkhawatirkan. Akibat dari kerusakan habitat, burung hantu pemakan ikan salmon ini pun terancam punah.

Menurut penuturan seorang ahli biologi satwa liar yang bernama Jonathan Slaght, burung hantu blakiston merupakan indikator kesehatan sungai, hutan, dan juga populasi ikan salmon yang merupakan makanan utama mereka.

Burung hantu terbesar di dunia ini membutuhkan pohon besar sebagai habitat hidup, dan juga sebagai sarang untuk berkembangbiak. Penebangan liar pohon-pohon besar di Rusia membuat penumpu hidup burung hantu ini menjadi semakin berkurang yang berdampak pada berkurangnya juga populasi mereka.

Selain itu, ikan salmon yang menjadi makanan utama burung hantu blakiston juga memiliki ketergantungan yang cukup erat dengan keberadaan pohon-pohon besar yang tumbang ke sungai karena sudah tua untuk makan dan berkembangbiak.

Dengan demikian, berkurangnya populasi burung hantu blakiston tersebut secara tidak langsung menunjukkan juga bahwa kesehatan hutan dan sungai, serta populasi ikan salmon di wilayah Rusia semakin hari semakin mengkhawatirkan.

Burung hantu blakiston sendiri merupakan spesies burung hantu terbesar di dunia yang berat tubuhnya mampu mencapai 4,6 kg. Burung hantu yang sangat keren bukan??? Sayang sekali jika harus punah karena ulah manusia bukan???

Referensi : tempo.co
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger