Mengenal Burung Kakatua Maluku

Sunday, September 15, 20130 comments

Foto burung kakatua maluku
Burung Kakatua Maluku memiliki nama latin Cacatua moluccensis. Burung dari genus Cacatua dan family Cacatuidae ini dikenal di dunia internasional dengan nama Salmon-crested Cockatoo atau Moluccan Cockatoo.

Kakatua Maluku merupakan jenis burung yang berukuran sedang. Panjang tubuh kakatua maluku dewasa sekitar 52 cm. Burung ini memiliki bulu yang berwarna putih semu merah muda, dengan jambul besar berwarna merah muda yang dapat ditegakkan. Bulu-bulu terbang dan bulu ekornya berwarna jingga kekuningan. Burung betina memiliki penampilan yang serupa dengan yang jantan, hanya saja ukuran tubuhnya lebih besar.

Habitat Burung Kakatu Maluku adalah di hutan primer dan hutan sekunder. Daerah Penyebaran Kakatua Maluku terbatas hanya di wilayah Maluku Selatan yang meliputi Pulau Seram, Ambon, Pulau Haruku, dan Saparua. 

Makanan Kakatua Maluku antara lain biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan. Salah satu tempat terakhir yang dapat anda kunjungi untuk melihat populasi burung ini di alam liar adalah di Taman Nasional Manusela, Maluku. Di wilayah ini mereka dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung kakatua maluku berada dalam status "Rentan (VU)". Salah satu penyebab utama menurunnya populasi mereka adalah hilangnya habitat dan penangkaran secara ilegal untuk diperdagangkan.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger