Mengenal Burung Nuri Telinga-Biru

Friday, September 27, 20130 comments

Burung Nuri Telinga-Biru (Eos semilarvata)
Burung Nuri Telinga-Biru memiliki nama latin Eos semilarvata. Burung ini memiliki banyak nama lain seperti Ceram Lory, Half-masked Lory atau Seram Lory. Burung ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia.

Nuri Telinga Biru merupakan spesies burung yang paling kecil dalam genus Eos. Panjang tubuh mereka hanyalah sekitar 24 cm. Burung ini memiliki bulu dominan berwarna merah dengan bagian pipi, dahi, dan telinga berwarna biru. Bulu bagian perut dan ekor bawahnya berwarna biru keunguan. Sementara sayapnya bergaris hitam. Burung yang sudah dewasa memiliki paruh berwarna orange, sementara yang masih muda paruhnya berwarna pink.

Habitat burung nuri telinga-biru adalah di Pulau Seram, maluku, dengan ketinggian antara 1.600 hingga 2.400 m di atas permukaan laut. Namun terkadang ditemukan juga spesies yang hidup hingga ketinggian yang hanya sekitar 800 mdpl.

Burung nuri telinga-biru makan di pohon berbunga, dan biasanya berkeliaran dalam sebuah kawanan kecil. Meskipun daerah penyebaran burung nuri telinga biru sangat terbatas, tetapi populasi nuri telinga-biru masih tergolong belum mengkhawatirkan.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri telinga-biru berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger