Mengenal Burung Perkici Dora

Friday, September 27, 20130 comments

Foto Burung Perkici Dora
Burung Perkici Dora memiliki nama latin Trichoglassus ornatus dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Ornate Lorikeet. Burung ini termasuk salah satu spesies burung endemik Indonesia.

Perkici dora dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 23 hingga 25 cm, Memiliki mahkota dan bercak telinga berwarna biru lembayung. Bagian pipi, tenggorokan hingga dada berwarna merah. Terdapat bercak leher berwarna kuning, serta memiliki ekor yang lumayan panjang dan berbentuk runcing.

Habitat burung perkici dora adalah di wilayah hutan sekunder dataran tinggi, hutan pesisir, hutan mangrove, hutan rawa, pinggiran hutan, perkebunan kelapa, dan juga lahan budidaya yang jumlah pohonnya sedikit dengan ketinggian hingga 1.770 m di atas permukaan laut.

Daerah penyebaran burung perkici dora adalah di wilayah Subkawasan Sulawesi yang meliputi Kepulauan Talaud, Sangihe, Bangka, Manterawu, Kepulauan Togian, Muna, Butung, Kepulauan Tukangbesi (Kaledupa) dan Kepulauan Banggai.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung perkici dora berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", sehingga masih dapat diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger