Burung Alpine Swift, Bisa Terbang Selama 6 Bulan Nonstop

Saturday, October 12, 20130 comments

Burung Alpine Swift, Bisa Terbang Selama 6 Bulan Nonstop
Burung Alpine Swift memiliki berat sekitar 500 gram dengan rentang sayap hanya selebar 55 cm. Namun sia sangka mereka adalah penerbang yang sangat ulung. Mereka mampu terbang di udara secara nonstop selama 6 bulan.

Memang dulu kemampuannya tersebut masih diragukan oleh beberapa kalangan. Seekor burung yang mampu terbang bermigrasi pada musim dingin dari Swiss ke Afrika Barat secara nonstop. Namun setelah penelitian yang baru-baru ini dilakukan, keraguan tersebut pun berhasil disirnakan.

Para peneliti dari Liechty melakukan sebuah penelitian sederhana terhadap burung ini. Mereka memasangkan sebuah sensor super mini buatan Universitas Bern pada tubuh si burung untuk meneliti jalur penerbangannya.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa burung Alpine Swift memang bisa terbang nonstop hingga berbulan bulan dikarenakan mereka bisa makan sambil terbang. Mereka mampu menyambar serangga yang merupakan makanan utamanya selagi mereka dalam perjalanan terbang.

Dengan cara tersebut, burung alpine swift tidak akan kelaparan meski mereka tidak mendarat sejenak. Mereka dapat terus terbang karena makanan mereka dapat mereka peroleh dengan mudah selama penerbangan. Keren kan??? ^_^

Referensi : republika.co.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger