Menngenal Burung Nuri-ara Salvadori

Friday, October 11, 20130 comments

Menngenal Burung Nuri-ara Salvadori atau Nuri-ara pipi-kuning
Burung Nuri-ara salvadori atau dikenla juga dengan nama Nuri-ara pipi-kuning memiliki nama latin Psittaculirostris salvadorii. Dalam bahsa Inggris, salah satu burung endemik Indonesia ini dikenal dengan nama Salvadori's Fig Parrot.

Nuri-ara salvadori dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 19 cm dengan berat badan sekitar 118 gram. Memiliki bentuk badan gemuk dan pendek, ekornya juga pendek, dengan warna bulu domina hijau. Burung jantan memiliki bercak dada berwarna jingga dan bulu  pipi berwarna kuning, sedangkan yang betina memiliki bercak dada berwarna biru langit dan bulu pipi yang berwarna hijau-limau. Mata mereka berwarna merah.

Nuri-ara salvadori muda memiliki penampilan yang menyerupai nuri-ara salvadori betina dewasa. Namun warna bulunya cenderung lebih pudar, dengan bercak dada berwarna biru pudar atau bahkan tidak tapak, serta memiliki mata berwarna merah/cokelat.

Habitat Nuri-ara Salvadori adalah di dalam dan tepian hutan, pinggiran kota, dan bahkan sampai ke perkampungan warga dengan ketinggian hingga 700 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran burung Nuri-ara salvadori hanya terbatas di Papua bagian Barat Laut yang meliputi Pegunungan Cyclops hingga pantai timur Teluk Cendrawasih

Makanan utama Nuri-ara Salvadori di alam liar meliputi nektar, buah-buahan, dan bunga-bungaan. Mereka bersarang dalam sebuah koloni, tetapi lebih sering terlihat berkeliaran secara berpasangan atau dalam sebuah kelompok kecil. Mereka juga terbiasa mencari makan bergabung dengan kelompok spesies burung lain.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung Nuri-ara Salvadori berada pada status "Rentan (VU)". Sementara status perdagangan internasional burung nuri-ara salvadori adalah "Appendix II", dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : parrots.org
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger