Mengapa Burung Jantan Kehilangan Alat Kelaminnya Ketika Bertambah Tua???

Tuesday, October 1, 20130 comments

foto burung sedang nangkring di atas antena TV
Sebuah fakta unik yang baru saja saya ketahui adalah ternyata burung jantan akan kehilangan kelaminnya seiring bertambahnya umur. Berbeda dengan ayam yang kelamin jantannya hanya akan melemah hingga kehilangan fungsi seiring bertambahnya umur. Mengapa burung jantan kehilangan klat kelaminnya ketika kertambah tua???

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti yang berasal dari University of Florida, Amerika Serikat, menemukan bahwa genetik dari burung menghentikan tumbuhnya tunas kelamin. Dengan kata lain, hilangnya alat kelamin pada burung jantan merupakan sebuah siklus normal dari kematian suatu sel kelamin burung.

Martin Cohn, salah satu peneliti dari University of Florida mengatakan bahwa sebuah gen yang disebut dengan BMP4 membuat alat kelamin burung jantan menyusut seiring bertambahnya usia. Lalu jika pejantannya tidak memiliki alat kelamin, bagaimana cara burung bereproduksi???

Ketiadaan alat kelamin pada si jantan membuat burung melakukan perkawinan hanya dengan menempelkan lubang kloaka mereka. Saat lubang kloaka mereka bertemu, maka sperma si jantan akan masuk ke kloaka si betina. Proses berpindahnya sperma jantan ke dalam kloaka si betina berlangsung hanya dalam hitungan kurang dari satu detik.

Ckckck, kasihan burung yak, nggak bisa merasakan nikmatnya bercinta... ^_^

Referensi : viva.co.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger