Ilmuwan Ungkap Sejarah Kepunahan Burung Moa

Tuesday, October 1, 20130 comments

Ilmuwan Ungkap Sejarah Kepunahan Burung Moa
Burung Moa merupakan spesies burung berbadan raksasa yang berasal dari Selandia Baru. Tingginya bisa mencapai 3,5 m dengan berat badan mencapai 300 kg. Spesies burung yang tidak bisa terbang ini sudah punah sejak tahun 1500-an.

Para ilmuwan melakukan penelitian terhadap fosil kotoran burung Moa untuk mengetahui seluk beluk kehidupan Moa. Dari penelitian tersebut ditemukan beberapa fakta, diantaranya mengenai pola makan Moa yang merujuk pada teori penyebab utama kepunahan mereka.

Menurut penelitian, Moa diperkirakan memakan berbagai jenis tanaman. Dengan menganalisa jenis tanaman yang dimakannya tersebut dan lokasi saat ini tempat banyak tanaman tersebut berada, peneliti kemudian mencari daerah yang diperkirakan merupakan habitat Moa sebelum punah.

Diperkirakan habitat moa adalah di daerah peralihan antara hutan dan padang rumput. Sehingga bisa diperkirakan bahwa penyebab kepunahan spesies burung moa yang ada di Selandia Baru ini akibat dari bencana kelaparan. Penyebab lainnya adalah karena serangan predator elang Haast serta perburuan dan pembersihan hutan oleh suku Maori, suku asli Selandia Baru.

Referensi : okezone.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger