Mengenal Burung Kasturi Ternate

Tuesday, October 1, 20130 comments

foto burung kasturi ternate
Burung Kasturi Ternate memiliki nama latin Lorius garrulus. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Chattering Lorry. Burung ini termasuk salah satu spesies burung endemik Indonesia.

Kasturi Ternate dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm dengan bulu dominan berwarna merah dan kedua sayap berwarna hijau dengan warna kuning pada lipatannya.Ujung ekor dan bagian paha juga berwarna hijau sementara bagian tepi sayap dan penutup sayap bawah berwarna kuning. Paruhnya berwarna jingga dengan bagian pangkal berwarna lebih gelap. Lingkaran matanya berwarna abu-abu dengan bola mata berwarna merah atau jingga.

Habitat burung kasturi ternate adalah di daerah hutan primer dan sekunder yang tinggi, serta tepian hutan. Biasanya mereka berkeliaran secara berpasangan, tetapi terkadang juga dalam sebuah kelompok yang terdiri hingga 10 ekor burung. Burung ini suka bermain dan bertengkar. Makanan burung kasturi ternate antara lain nektar, madu, dan buah.

Terdapat 3 subspesies dari burung kasturi ternate yaitu morotaianus (hidup di wilayah Morotai dan Rau, Maluku Utara, garrulus (hidup di wilayah Halmahera dan kepulauan disekitarnya dengan ketinggian mencapai 1040 mdpl), flavopalliatus ( hidup di wilayah Bacan (1300+ mdpl), Obi (730+ mdpl), Kasiruta dan Mandiole).

Menurut data Red List IUCN, populasi burung kasturi ternate berada pada status "Rentan (VU)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger