Mengenal Burung Hantu Beluk-watu Jawa

Tuesday, November 26, 20130 comments

Informasi Tentang Burung Hantu Beluk-watu Jawa
Beluk-watu jawa, Carita, Pandeglang, Banten © James Eaton
Burung Hantu Beluk-watu Jawa memiliki nama latin Glaucidium castanopterum. Dalam bahasa Inggris, salah satu spesies burung hantu endemik Indonesia ini dikenal dengan nama Javan Owlet.

Beluk watu jawa merupakan spesies burung hantu berukuran kecil. Dewasanya hanya memiliki tubuh sepanjang kurang lebih 24 cm dengan warna bulu dominan merah bata dan bergaris-garis. Matanya berwarna cokelat kekuningan, paruhnya berwarna hijau dengan ujung berwarna kuning, dan kakinya berwarna hijau.

Habitat burung hantu beluk watu jawa antara lain di hutan primer, hutan sekunder, hutan perbukitan dan dataran rendah, serta sering juga terlihat di daerah padat penduduk. Seperti kebanyakan spesies burung hantu lainnya, beluk-watu jawa juga aktif di malam hari, tetapi terkadang aktif juga di siang hari.

Daerah penyebaran burung hantu beluk watu jawa hanyalah di Pulau Jawa dan Bali. Mereka tidak ditemukan berada di alam liar daerah lain.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung hantu beluk-watu jawa berada pada status "Resiko Rendah (LC)", sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", sehingga masih dapat diperjualbelikan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger