Mengenal Burung Hantu Serak Minahasa

Sunday, December 1, 20130 comments

Foto burung hantu serak minahasa
Serak minahasa, Sulawesi © Rob Hutchinson
Serak Minahasa merupakan salah satu spesies burung hantu endemik Indonesia yang hidup di Sulawesi. Burung hantu jenis ini memiliki nama latin Tyto inexspectata. Sementara dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Minahassa Masked Owl.

Burung ini termasuk jenis burung hantu yang berbadan besar. Panjang tubuh dewasanya bisa mencapai 30cm dengan ciri khas lempeng muka berwarna merah karat terang. Secara keseluruhan, Serak Minahasa memiliki tubuh yang memiliki warna dominan merah karat.

Habitat Serak Minahasa adalah di wilayah hutan primer, hutan yang mengalami sedikit kerusakan, serta hutan ditepian sungai yang rusak dengan ketingian antara 100 hingga 1500 m di atas permukaan laut.

Daerah penyebaran burung hantu serak minahasa hanya mencakup wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, serta Sulawesi Tengah bagian utara. Di luar wilayah tersebut, burung hantu jenis ini tidak dapat ditemukan di alam terbuka.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung hantu serak minahasa berada pada status "Rentan (VU)". Sementara status perdagangan internasionalnya adalah "Appendix II", sehingga masih dapat diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger