Apa rahasia burung hantu terbang tanpa suara???

Monday, December 2, 20130 comments

Burung Hantu memiliki gaya terbang yang khas yang disebut dengan "Silent flight". Disebut demikian karena burung hantu dapat terbang dengan nyaris tanpa menimbulkan suara sedikitpun. Apa rahasia terbang burung hantu yang tanpa suara ini???

Sebuah study terbaru dilakukan untuk menguak rahasia terbang burung hantu ini. Hingga akhirnya diketahui bahwa burung hantu dapat terbang nyaris tanpa menimbulkan suara karema memiliki bulu khusus pada bagian sayapnya.

Menurut Justin Jaworski, seorang peneliti di Departemen Teknik Mesin dan Mekanika di Universitas Lehigh, Bethlehem, Pennsylvania, Amerika Serikat, burung hantu memiliki 3 hal yang membuatnya mampu terbang secara diam-diam yaitu :
  • Serangkaian bulu yang sangat kaku yang terdapat di sepanjang tepi bagian depan sayap (leading edge).
  • Sayap bagian belakang (trailing edge) dilengkapi bulu yang sangat fleksibel sehingga menimimalkan suara (gesekan dengan udara).
  • Lapisan atas dan bawah sayap (bagian depan) yang memungkinkan udara mengalir lancar. 
Dengan kemampuan terbang yang nyaris tanpa suara ditambah penglihatan di tempat gelap yang tajam, serta cakar yang tajam dan kuat, tidak mengherankan jika burung hantu sangat jarang mengalami kegagalan dalam menangkap mangsanya.

Referensi : tipspengetahuan.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger