Mengenal Burung Tokhtor Sumatera

Wednesday, November 13, 20131comments

Informasi Tentang Burung Tokhtor Sumatera
Burung Tokhtor Sumatera memiliki nama latin Carpococcyx viridis. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sumatran Ground-Cuckoo, Sunda Ground Cuckoo, Malay Ground Cuckoo, Malayan Ground Cuckoo, atau Ground Cuckoo.

Tokhtor Sumatera merupakan salah satu dari tiga spesies Tokhtor yang ada di dunia ini bersama dengan  Tokhtor Kalimantan (Carpococcyx radiceus) yang hidup di Kalimantan dan Coral-billed Ground-cuckoo (Carpococcyx renauldi) yang hidup di Thailand dan Vietnam.  

Burung Tokhtor Sumatera pertama kali dideskripsikan pada tahun 1916, kemudian keberadaannya tidak diketahui hingga November 1997. Sehingga pada periode tersebut spesies burung ini sempat dianggap sudah punah. Adalah Andjar Rafiastanto, seseorang yang berhasil memotret foto burung ini di alam liar sehingga burung ini 'bangkit' dari kepunahan.

Tokhtor Sumatera memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar. Burung yang dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 60cm dengan kaki dan paruh yang berwarna hijau, serta mahkota berwarna hitam. Memiliki mantel, bagian atas, leher samping, penutup sayap dan penutup sayap tengah berwarna hijau pudar. Bagian bawah tubuhnya berwarna coklat dengan palang coklat kehijauan luas. Sayap dan ekor hitam kehijauan mengilap. Tenggorokan bawah dan dada bawah hijau pudar, bagian bawah sisanya bungalan kayu manis, sisi tubuh kemerahan. Kulit sekitar mata berwarna hijau, lila dan biru.

Habitat burung tokhtor Sumatera adalah di permukaan tanah atau lantai hutan dengan ketinggian antara 300 – 1700 mdpl. Burung ini merupakan spesies burung yang pemalu, jadi anda akan cukup sulit untuk menemukannya di alam liar, apalagi populasinya sekarang begitu langka.

Makanan burung tokhtor sumatera adalah vertebrata kecil dan invertebrata besar. Mereka mencari makan di permukaan tanah atau lantai hutan. Salah satu burung endemik Pulau Sumatera ini merupakan satu dari 18 spesies burung paling langka yang ada di Indonesia. Diperkirakan populasi burung tokhtor sumatera saat ini tidak lebih dari 300 ekor.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung tokhtor sumatera berada pada status "Kritis (CR)"

Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 1 comments

November 28, 2018 at 8:52 PM

saya ada satu burung thoktor. tolong infokan saya melalui WA. akan saya kirim vidio dan foto. WA082166214848

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger