6 Tips mengamati burung di alam liar biar lebih mengasyikkan

Friday, December 20, 20130 comments

6 Tips mengamati burung di alam liar biar lebih mengasyikkan
Kalau memang seorang pecinta alam dan petualang sejati, daripada menembak burung di alam liar, pasti akan lebih menyenangkan mengamati burung di alam liar. Mengagumi keelokan burung tidak harus memilikinya bukan???

Nah, bagaimana agar mengamati burung di alam liar terasa mengasyikkan, Mother Nature Network memiliki beberapa tips nih. Berikut ini adalah tips mengamati burung di alam liar agar terasa lebih mengasyikan :

1. Ditemani Pemandu
Dengan adanya pemandu, kita bisa 'digiring' menuju lokasi yang paling keren untuk mengamati burung, menemukan lokasi 'nongkrong' spesies burung tertentu, dan juga akan dijelaskan mengenai 'spesifikasi' dan keunikan burung yang sedang diamati.

2. Membawa Teropong
Terkadang lokasi burung 'nongkrong' berada di atas pohon yang terlalu jauh dari jangkauan mata kita. Sehingga tampak tidak jelas keelokannya. Maka dari itu menggunakan teropong adalah cara yang dianjurkan. Lagi pula "membidik" burung cantik menggunakan teropong, juga jauh lebih baik daripada membidik burung dengan senapan. Tentu saja.

3. Anda mungkin bisa membawa buku tentang burung
Seringnya yang terlihat digambar agak terlihat berbeda jika dilihat langsung di alam liar. So, dengan membawa buku, seolah kita seperti pemburu benda antik yang mencocokkan satu demi satu benda yang cocok dengan apa yang ditampilkan dibuku. Asyik kan??? ^_^

4. Mencari tahu jenis burung lokal
Anda bisa menghafal jenis burung apa saja yang ada di lokasi. Dengan begini, selain memanjakan mata, anda juga sekalian bisa mempelajari ilmu alam. Ya nggak??? ^_^

5. Bawa buku catatan
Karena ingatan manusia itu tidak sama jeniusnya antara satu dengan yang lainnya, tidak ada salahnya kalau kita membaza sebuah buku catatan. Kita bisa mencatat inti dari apa yang diinformasikan oleh si pemandu selama mengamati burung.

6. Bawa Kamera
Nah ini yang menurut saya paling penting. Dengan membawa kamera kita bisa langsung melakukan opsi nomer 2 - 5 dalam sekali sentuh. Anda tidak perlu mencatat apa yang diomongkan oleh pemandu karena anda bisa merekam videonya menggunakan kamera. Anda tidak perlu membawa teropong karena kamera memiliki fasilitas Zoom. Dan di kamera juga ada memori, sehingga data-data burung yang sebelumnya, bisa di save dan dibuka lagi selama melakukan traveling. Ya kan??? ^_^

Referensi : detik travel
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger