Mengenal Burung Celepuk Enggano

Monday, December 16, 20130 comments

Foto burung hantu Celepuk Enggano oleh Filip Verbelen
Celepuk Enggano merupakan salah satu spesies burung hantu endemik Indonesia yang memiliki nama latin Otus enganensis. Dalam bahasa Inggris, burung hantu berbadan mungil ini dikenal dengan nama Enggano Scops Owl.

Burung Hantu Celepuk Enggano dewasa memiliki panjang tubuh hanya sekitar 20 cm dengan bulu dominan berwarna cokelat berbintik-bintik. Iris matanya berwarna kuning, sedangkan paruh dan kakinya berwarna abu-abu.

Habitat celepuk enggano diperkirakan berada di tepian hutan serta daerah-daerah yang memiliki banyak pepohonan tinggi. Seperti kebanyakan jenis celepuk dan burung hantu pada umumnya, burung ini juga mencari makan di malam hari. Makanan utama celepuk enggano adalah serangga.

Menurut planetofbirds (2013) daerah penyebaran celepuk Enggano memang hanya terbatas di Pulau Enggano, sebelah barat-daya Sumatera, tetapi karena habitatnya masih terjaga, sehingga populasi celepuk enggano terbilang masih aman. Sehingga IUCN menetapkan mereka pada status "Hampir Terancam (NT)". Sedangkan status perdagangan internasional celepuk enggano adalah "Appendix II" sehingga masih dapat diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu.

Namun, baru-baru ini tersiar kabar bahwa LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) akan membangun sebuah stasiun peluncuran roket di dekat wilayah yang merupakan habitat celepuk Enggano. Jika rencana tersebut benar-benar terlaksana, maka populasi celepuk enggano akan sangat terancam.

Referensi : planetofbirds.com dan kompas regional
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger