Mengenal Burung Hantu Celepuk Sangihe

Thursday, December 12, 20130 comments

Foto Celepuk sangihe di Pulau Sangihe, Sulawesi Utara, oleh James Eaton
Celepuk sangihe, P. Sangihe, Sulawesi Utara © James Eaton
Burung hantu celepuk sangihe memiliki nama latin Otus collari. Dalam bahasa Inggris, salah satu burung hantu kecil endemik Indonesia ini dikenal dengan nama Sangihe Scops Owl.

Celepuk Sangihe dewasa panjang tubuhnya hanya sekitar 19,5 cm dengan bulu berwarna dominan cokelat kusam, dengan mata berwarna jingga atau kuning. Secara penampakannya, burung ini terlihat mirip dengan celepuk Sulawesi.

Daerah penyebaran celepuk sangihe hanyalah terbatas di Pulau Sangihe, Sulawesi Utara. Habitat burung hantu celepuk sangihe adalah di wilayah dataran rendah hingga tepi hutan di puncak Gunung Sahengbalira. Namun secara keseluruhan, burung ini tersebar luas di Pulau Sangihe.

Diperkirakan makanan utama celepuk sangihe sama dnegan celepuk-celepuk lainnya yaitu serangga dan binatang-binatang kecil lainnya.

Populasi celepuk sangihe menurut data Red List IUCN berada pada status "Resiko Rendah (LC)", dengan status perdagangan internasional "Appendix II", dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu yang berlaku.

Referensi : kutilang.or.id

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger