Mengenal Burung Hantu Serak Taliabu

Tuesday, December 3, 20130 comments

Foto Burung hantu serak taliabu
Serak taliabu, dekat Jorjoga, Taliabu, Kep. Sula © Frank E Rheindt
Serak Taliabu merupakan salah satu burung hantu endemik Indonesia yang memiliki nama latin Tyto nigrobrunnea. Dalam bahasa Inggris burung hantu jenis ini dikenal dengan nama Taliabu Masked Owl.

Burung Hantu Serak Taliabu memiliki ukuran tubuh yang tergolong besar untuk burung terbang. Panjang tubuh dewasanya sekitar 32 cm dengan lempeng muka yang berwarna cokelat kemerah-mudaan. Sekitaran mata dan bagian atas tubuhnya berwarna gelap, sementara tubuh bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan dengan bintik-bintik hitam.

Habitat Serak Taliabu adalah di hutan pamah tebang pilih. Burung ini termasuk jenis burung yang langka karena daerah penyebaran serak taliabu terbatas hanya di Taliabu, Kepulauan Sula saja. Meskipun demikian, sepertinya burung ini masih belum masuk dalam daftar burung yang dilindungi oleh undang-undang di Indonesia.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung serak taliabu berada pada status "Terancam Punah (EN)". Namun entah kenapa status perdagangan internasionalnya masih "Appendix II", sehingga burung ini masih dapat diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan yang berlaku.

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger