Informasi Tentang Burung Atoko Maluku

Monday, January 20, 20140 comments

Atoko maluku, TN Aketajawe Lolobata, Halmahera, Maluku Utara oleh Hanom Bashari
Atoko maluku, TN Aketajawe Lolobata, Halmahera oleh Hanom Bashari
Burung Atoko Maluku memiliki nama latin Aegotheles crinifrons. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama Moluccan Owlet-Nightjar.

Burung ini termasuk jenis burung berukuran besar dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 29 cm. Memiliki warna dominan cikelat dan merah karat. Bagian atas tubuhnya memiliki garis-garis cokelat keabu-abuan. Bagian bawah tubuhnya berwarna lebih pucat dan bertotol gelap.

Habitat burung Atoko Maluku adalah di wilayah hutan dataran rendah, hutan perbukitan, hutan sekunder tinggi, pinggiran hutan, serta terkadang berkeliaran di wilayah lahan budidaya. Secara geografis, mereka menempati daerah dengan ketinggian hingga 1.800 m di atas permukaan laut.

Daerah penyebaran burung atoko maluku terbatas hanya di wilayah Maluku utara. Terutama daerah Halmahera, Kasiruta dan Bacan. Burung ini adalah salah satu burung endemik Indonesia yang patut untuk kita lestarikan

Makanan utama burung Atoko Maluku adalah serangga (insektivora). Biasanya mereka menangkap serangga selagi terbang atau mematuknya saat bertengger di dedaunan.

Data Red List IUCN hingga awal tahun 2014 memasukkan populasi burung atoko maluku ke dalam status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger