Mengenal Burung Kenari Border

Thursday, January 9, 20140 comments

Foto burung kenari border

Kenari Border dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Border Canary atau Border Fancy Canary dan memiliki nama latin Serinus canaria. Julukan lain bagi kenari border adalah "Wee Gem", mungkin karena posturnya yang terlihat serba bulat.

Kenari Border merupakan salah satu kenari dari jenis cumberland fancy. Kenari Border berasal dari wilayah perbatasan antara Inggris dan Skotlandia. Sebagai salah satu jenis kenari yang paling populer di dunia, penampilan kenari border lebih dinilai ketimbang suara kicauannya.

Kenari Border aslinya berasal dari "Chopper canary" yang dikembangkan secara selektif di Kepulauan Inggris sekitar tahun 1700-an. Pada tahun 1889 dalam sebuah pertemuan di Langholm, spesies burung tersebut diberi nama "border canary", dan standar burung ini pun dibuat.

Kenari Border merupakan salah satu jenis burung kenari yang populer sebagai binatang peliharaan di dunia. Burung yang kebanyakan berwarna kuning cerah ini termasuk jenis burung berukuran kecil. Panjang tubuh dewasanya hanya sekitar 14 cm.  

Kenari Border dikenal sebagai burung yang aktif, tidak galak, dan suka berkicau. Selain itu, kenari jenis ini juga dikenal mampu dilatih untuk melakukan beberapa trik di luar kandang. Dan karena perawatannya yang simpel, burung ini menjadi salah satu primadona burung peliharaan di dunia.

Meski terkenal aktif, burung kenari cenderung lebih pemalu jika dibandingkan dengan jenis burung peliharaan yang lain. Jadi, sebaiknya tidak mengandangkan kenari border dengan burung lain seperti parkit, lovebird, atau burung jenis lainnya yang cenderung lebih agresif.

Burung kenari border senang mandi. Jadi memandikan burung ini setiap hari justru membuat si burung senang. Meskipun demikian, burung ini tidak suka dengan kandang yang basah, lembab, atau dingin. Kenari Border juga suka berjemur, sehingga membiarkannya terkena sinar matahari itu baik. Namun jangan menaruh kandang kenari di bawah sinar matahari yang terik dan tidak ada daerah untuk berteduh.

Referensi : birdchannel
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger