Mengenal Burung Luntur Jawa

Thursday, January 23, 20140 comments

Foto Burung Luntur jawa oleh Khaleb Yordan
Luntur jawa, TN Gn Gede-Pangrango, Jawa Barat oleh Khaleb Yordan
Burung Luntur Jawa memiliki nama latin Apalharpactes reinwardtii atau Harpactes reinwardtii. Di wikipedia, burung ini disebut dengan nama burung luntur gunung. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Blue-tailed Trogon. Ada juga yang menyebutnya Javan Trogon.

Luntur Jawa termasuk jenis burung yang bertubuh cukup besar. Panjang tubuh dewasanya sekitar 34 cm dengan bulu dominan berwarna hijau dan kuning, dengan ekor berwarna biru mengkilap hijau. Tubuh bagian bawahnya berwarna kuning, Iris mata berwarna cokelat, kaki berwarna orange, serta memiliki paruh berwarna merah orange untuk yang dewasa dan berwarna cokelat untuk yang masih muda.

Habitat burung luntur jawa adalah di hutan pegunungan yang lembab baik itu sekunder maupun primer. Menurut wikipedia, daerah penyebaran burung luntur jawa terbatas hanya di wilayah Jawa Barat. Namun menurut catatan dari kutilang.or.id, burung jenis ini juga dapat ditemukan di wilayah sepanjang Bukit Barisan, Sumatera.

Makanan utama burung luntur jawa adalah serangga dan beberapa jenis buah-buahan. Burung ini memangsa berbagai macam serangga termasuk jangkrik dan kumbang. Biasanya mereka akan nangkring di ranting pohon yang teduh sambil menunggu serangga yang akan dimangsanya

Dalam satu musim kawin, biasanya burung Luntur Jawa hanya akan menghasilkan satu atau dua butir telur saja sebelum dierami. Telurnya berwarna kuning tua. Sarang burung luntur jawa biasanya terletak di lubang pohon yang dibuat oleh spesies burung lain. Musim kawin burung luntur jawa tercatat sekitar bulan Agustus.

Data Red List IUCN tahun 2014 awal menyebutkan bahwa populasi burung luntur jawa berada pada status "Terancam (EN)". Sementara status perdagangan internasional burung luntur jawa adalah "Appendix I", hanya boleh diperdagangkan untuk kepentingan khusus yang diijinkan, seperti riset ilmiah.

Referensi : kutilang.or.id dan wikipedia
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger