Mengenal Burung Tiong-Lampu Sulawesi

Sunday, January 26, 20140 comments

Tiong-lampu sulawesi, Tatangge, TN Rawa Aopa Watumohai, Sulawesi Tenggara oleh Karyadi Baskoro
Tiong-lampu sulawesi, Tatangge, Sulawesi Tenggara oleh Karyadi Baskoro
Burung Tiong-Lampu Sulawesi memiliki nama latin Coracias temminckii. Di dunia internasional, burung endemik wilayah Sulawesi ini dikenal dengan nama Purple-winged Roller.

Tiong-Lampu Sulawesi merupakan jenis burung berbadan cukup besar. Panjang tubuh dewasanya sekitar 30 hingga 35 cm dengan bulu yang dominan berwarna gelap. Bagian tudungnya berwarna biru pucat, sedangkan kedua sayapnya berwarna biru lembayung. Pada saat terbang, bagian tunggirnya akan terlihat berwarna biru mencolok.

Habitat burung Tiong-lampu Sulawesi adalah di daerah hutan rawa, tepi hutan, savana, hutan sekunder yang tinggi, hingga lahan budidaya. Terkadang burung ini juga berkeliaran di wilayah hutan primer. Secara geografis, burung ini menempati daerah dengan ketinggian hingga 1.150 m di atas permukaan laut.

Burung ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia yang hidup di wilayah Sulawesi. Daerah penyebaran burung Tiong-Lampu Sulawesi adalah di Pulau Sulawesi dan sekitarnya seperti Bangka, Lambeh, Manterawu, Munda, dan Burung.

Data Red List IUCN menyebutkan bahwa pada tahun 2014 awal, status populasi burung tiong-lampu sulawesi berada pada satus "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger