Mengenal BurungTiong-lampu Ungu

Thursday, March 6, 20140 comments

Tiong-lampu ungu, Gofasa Gotogoto, TN Aketajawe Lolobata, Halmahera, Maluku utara © Hanom Bashari
Tiong-lampu ungu, Gofasa Gotogoto, TN Aketajawe Lolobata, Halmahera, Maluku utara © Hanom Bashari
Burung Tiong-lampu Ungu memiliki nama latin Eurystomus azureus. Dalam bahasa Inggris, burung ini dikenal dengan nama Azure Dollarbird

Tiong-lampu Ungu dewasa memiliki ukuran tubuh yang cukup besar yaitu memiliki panjang tubuh sekitar 31 - 35 cm. Memiliki paruh yang besar berwarna merah menyala. Bagian sayap, perut, dan tunggirnya berwarna biru tua. 

Tiong-lampu ungu remaja memiliki bulu yang berwarna lebih kusam dibandingkan dengan burung yang dewasa. Paruhnya berwarna agak kehitaman dengan sudut-sudut paruh yang lunak berwarna merah.

Daerah penyebaran burung tiong-lampu ungu adalah di daerah Maluku Utara, tepatnya di daerah Ternate, Tidore, Halmahera, Bacan, dan Kasiruta.

Habitat burung tiong-lampu ungu adalah di daerah hutan primer perbukitan, hutan tebang pilih, tepi hutan, dan terkadang juga sering terlihat di perkebunan kelapa di dekat wilayah hutan. Secara geografis, burung ini menghuni daerah dengan ketinggian sekitar 600 m (Halmahera), 470 m (Kasiruta) dan 150+ (Bacan)

Menurut data Red List IUCN, pada tahun 2014 awal, populasi burung tiong-lampu ungu berada pada status "Hampir Terancam (NT)".

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger