Mengenal Burung Pungguk Tutul

Saturday, January 4, 20140 comments

Foto Burung Pungguk tutul, TN Lore Lindu, Sulawesi Tengah oleh James Eaton
Foto Burung Pungguk tutul, TN Lore Lindu, Sulawesi Tengah oleh James Eaton
Pungguk Tutul atau Punggok Tutul memiliki nama latin Ninox punctulata. Dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Speckled Boobook atau Oriental Hawk owl atau Speckled Hawk Owl.

Merupakan spesies burung hantu berbadan kecil dengan panjang tubuh dewasa hanya sekitar 20-23 cm. Bulunya berwarna cokelat kemerahan dengan tutul-tutul berwarna putih pada bagian kepala, punggung, dan sayapnya. Bagian tenggorokannya ada coret putih, lingkaran wajahnya berwarna hitam, dan alis berwarna putih.

Habitat pungguk tutul adalah di daerah hutan yang dekat dengan sungai, hutan terbuka, dan daerah lahan budidaya yang banyak pohonnya. Kebanyakan hidup pada ketinggian 1.100 m di atas permukaan laut. Namun ada juga yang ditemukan hidup hingga ketinggian 2.300 mdpl.

Daerah penyebaran burung pungguk tutul terbilang cukup luas, yaitu mencakup keseluruhan Pulau Sulawesi. Termasuk juga di wilayah Kabaena, Muna dan Butung

Seperti kebanyakan spesies burung hantu lainnya, pungguk tutul juga merupakan hewan nokturnal. Mereka berkeliaran secara tunggal ataupun berpasangan. Belum ada data pasti mengenai makanan utama burung pungguk tutul, tetapi burung hantu ini pernah terlihat menangkap seekor kelelawar.

Data Red List IUCN menyebutkan bahwa populasi burung pungguk tutul sampai akhir tahun 2013 berada pada status "Resiko Rendah (LC)", sedangkan status perdagangan internasional pungguk tutul adalah "Appendix II".

Referensi : planetofbirds.com, wikipedia, dan kutilang.or.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger