Mengenal Burung Mandar Muka-Biru

Tuesday, May 21, 20130 comments

Mengenal Burung Mandar Muka-Biru
Burung Mandar Muka-Biru memiliki nama latin Gymnocrex rosenbergii. Dalam bahasa Inggris burung endemik Sulawesi ini dikenal dengan nama Bald-faced Rail, atau Blue-faced Rail. Sering juga disebut dengan nama  Schlegel's Rail.

Habitat Burung Mandar Muka-Biru adalah di daerah hutan tropis dengan ketinggian sekitar 150-900 m di atas permukaan laut. Namun penemuan terbaru menunjukkan bahwa burung ini juga terlihat menghuni daerah dengan ketinggian mencapai 1.700 m dpl..

Dulu burung ini terlihat di banyak wilayah di Sulawesi. Namun saat ini sepertinya jumlahnya tidak sebanyak dulu. Bahkan diperkirakan sudah banyak yang menghilang dari semenanjung Minahasa, dan dataran rendah di Sulawesi. Diperkirakan jumlahnya saat ini tersisa sekitar 2,500-9,999 ekor burung mandar muka biru dewasa.

Burung mandar muka biru merupakan penerbang yang buruk. Oleh sebab itu kebanyakan dari mereka tinggal menetap di suatu daerah. Mereka juga merupakan burung terestrial (banyak menghabiskan waktunya di permukaan tanah), dan senang tinggal di dekat aliran sungai.

Sampai tahun 2008, Redlist IUCN menetapkan populasi burung Mandar muka-biru berada dalam status "Rentan (VU)".

Referensi : IUCN Redlist dan orientalbirdimages.org
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger