Usianya sudah 62 tahun, tetapi burung ini masih bisa bertelur

Monday, July 15, 20130 comments

Foto burung albatros atau elang laut
Seekor burung albatros (elang laut) yang bernama Wisdom baru-baru ini mendapatkan sorotan dari dunia ilmu pengetahuan. Pasalnya, di usianya yang saat ini sudah 62 tahun, burung betina ini masih mampu bertelur. Tanpa kesulitan dan berjalan secara sewajarnya.
"Mengetahui dia (Wisdom) masih bisa membesarkan anak pada usia 60 tahun lebih, sungguh di luar dugaan. Saya tak menyangka," kata Kepala Program Penelitian Burung United States Geological Survey (USGS), Bruce Peterjohn, seperti dikutip dari Global Post, Jumat (8/2/2013).
Menurut penelitian, usia harapan hidup seekor elang laut rata-rata adalah 50 tahun. Namun Wisdom tidak hanya berumur lebih dari 50 tahun, melainkan juga masih mampu membesarkan anak di usia 60 tahunan. Ini sungguh diluar dugaan.

Menurut data yang dimiliki oleh United States Geological Survey (USGS), Wisdom merupakan satu-satunya burung yang masih bertelur diumur yang sudah sangat tua. Konon, sejak 2006, Wisdom sudah bertelur sebanyak 5 kali.

Burung elang laut ini diberi nama "Wisdom" setelah ditandai oleh seorang peneliti USGS pada tahun 1956. Diperkirakan Wisdom sudah terbang sejauh 2 sampai 3 juta mil secara keseluruhan, atau sekitar 4 - 6 kali perjalanan bolak-balik Bumi-Bulan.

Wisdom sempat dikabarkan menghilang dari pengamatan, tetapi pada tahun 2001 Wisdom muncul kembali dan membantu USGS mengoreksi usia rata-rata harapan hidup serta usia reproduksi burung elang laut.

Sebenarnya Wisdom sudah cukup terkenal sejak 2011 lalu, ketika dia ditemukan selamat dari bencana Tsunami yang melanda Jepang. Dan kini dengan kemampuan mengagumkannya, Wisdom menjadi semakin dikenal.

Referensi : liputan 6
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger