Mengenal Burung Merpati-Gunung Mada

Monday, August 19, 20131comments

Foto Burung Merpati-Gunung Mada
Merpati-gunung Mada, P. Buru Maluku © Rob Hutchinson
Burung Merpati-Gunung Mada memiliki nama latin Gymnophaps mada dan didunia internasional dikenal dengan nama Long-tailed Mountain-pigeon. Burung merpati jenis ini merupakan burung endemik Maluku.

Burung Merpati jenis ini dibagi menjadi dua spesies yang berbeda mengikuti Rheindt & Hutchinson (2007) yaitu Gymnophaps mada (Buru Mountain Pigeon) dan Gymnophaps stalkeri (Seram Mountain Pigeon)

Burung Merpati-Gunung Mada dewasa memliki panjang tubuh sekitar 38 cm. Memiliki bulu dominan berwarna abu-abu. Bagian tenggorokan dan bagian dada berwarna keputihan. Untuk yang jantan, kulit di sekitar mata berwarna merah, sedangkan yang betina berwarna merah kehitaman. Untuk Gymnophaps stalkeri, bagian muka dan dada berwarna merah-jambu bungalan tua.

Habitat burung merpati-gunung mada antara lain di daerah hutan pegunungan dan hutan perbukitan dengan ketinggian sekitar 400 hingga 2250 m diatas permukaan laut. Namun mereka terkadang mencari makan hingga ke daerah hutan yang sangat lembab.

Daerah penyebaran burung merpati-gunung mada hanyalah di kawasan Maluku. Menurut data Red List IUCN, populasi burung merpati-gunung mada berada pada status Resiko Rendah (LC).

Referensi : kutilang.or.id
Share this article :

+ comments + 1 comments

May 13, 2016 at 4:16 PM

Wah ulasannya sungguh menari, Untuk Update harga Merpati Hias, Merpati Endemik, Finch dan Puter Hias bisa kontak saya, alamat lengkap dan cp saya silahkan klik Daftar Harga Terbaru Update Merpati Hias

Sedangkan untuk Info Update harga Ayam Hias dan Unggas Exsotis Bisa Anda Lihat di Daftar Harga Ayam Hias dan Unggas Exsotis Lengkap


Kunjungi juga portal informasi khusus pecinta burung kicauan di Media Online Burung Kicauan

Dapatkan Info lengkap Peluang Usaha TerUpdate


Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan blog, website dan blog siap pakai bisa kotak JWeMedia

Jual Blog Siap Pakai dengan berbagai Niche dan sudah memiliki trafik klik saja di Jual Blog Siap Pakai dan Siap Posting

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Burung Gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger